Header Ads

Ini, Ta'bir Gempa saat Maqrib

Seperti nya Gempa Bumi di Aceh tidak akan habis-habisnya, pasca  gempa melanda Pidie Jaya pada waktu Subuh, berkekuatan 6,4 SR dan gempa kedua susulan 5,3 SR, beberapa hari yang lalu, keadaan darurat kemanusian pun dikeluarkan oleh pemerintah mengingat banyak bangunan Masjid, rumah warga dan toko toko runtuh rata dengan tanah, korban jiwa yang meninggal mencapai ratusan. Hari ini Selasa 17/01-2017, Gempa kembali mengguncang Kota Banda Aceh dan sekitarnya, tepat pada saat azan Maqrib, Gempa kali ini menurut sumber BMKG, berpusat di Barat Laut Sabang, Aceh, Mag:5.6 SR, pada pukul 18:48:26 WIB, Lok:6.09 LU,93.24 BT atau 234 km, dengan Kedalaman 10 Km).

Seperti biasanya, pasca terjadi gempa, saya selalu mendapat SMS, WA, dan Telepon, semua rekan rekan dan sahabat menanyakan Ta'bir Gempa yang baru saja terjadi,

"jika pada bulan Rabiul Akhir gempa pada
Waktu Maghrib alamat orang jahat datang padanya"

Teks Naskah Kuno Ta'bir Gempa, koleksi Tarmizi A.Hamid

Naskah Kuno (Manuskrip) koleksi saya terdiri dari enam halaman, dari karakter tulisan dan bahasa menunjukkan usia lebih tua. Sedangkan dari sisi kodikologi usia kertas berasal dari Eropa yang memiliki watermark (cap air) berbentuk Bulan Sabit Sejajar bersusun Tiga. Melihat cap air dalam kertas tersebut pun dapat diketahui  bahwa ia berasal dari Venice, Italia, produksi tahun 1725. Teks Tabir gempa ditulis dalam aksara Arab-Jawi berbahasa Melayu, karakter tulisan khat naskhi berwarna hitam dan rubrikasi merah.
Bab ta’bir gempa tersusun dalam satu bundel dengan judul atau pembahasan penting lainnya.

(TAH/tarmiziahamid.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.