Lagi, 24 Naskah Kuno “terselamatkan”

Banda Aceh, 09 Maret 2012

Sang Kolektor Naskah Kuno Aceh Tarmizi A.Hamid, lagi-lagi membuat kejutan dimana dalam pemburuannya selama 3 bulan lebih dapat menyelamatkan khazanah Islam yang sangat bernilai sejarah itu sebanyak 24 naskah kuno (manuskrip). Naskah tersebut didapatkan didaerah yang berbeda-beda, diseluruh Aceh. Semua Manuskrip tersebut saat di dapat berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Dari segi fisiknya, banyak naskah yang sudah mulai hancur, sebagiannya terlepas dari kuras dan bundelannya. Namun menurut Tarmizi, hal itu dapat diatasi dengan cara restorasi darurat yang harus segera dilakukan.

Sebagai informasi awal, mayoritas kandungan isi 24 naskah tersebut tentang kearifan lokal, syair dan hikayat (sejarah), mujarabat dan ajimat, serta beberapa do’a-doa penting. Dari segi kearifan masyarakat, beberapa naskah sangat kental dengan karakteristik Islam dan Ke-Acehan, dimana dua unsur  tersebut dapat dipadu seiring dan sejalan, sebut saja salah satu contohnya dalam tata cara membangun rumah, selalu diiringi dengan doa-doa yang sangat mudah dihafal dan diimplementasikan, baik sejak membangun pondasi hingga “peusok bajoe / pateng”.

Manfaatnya dari itu adalah, agar rumah selalu tenteram, sejuk dan menjadi idaman bagi setiap keluarga yang mendiaminya. Hal tersebut sangat wajar, karena jika dibandingkan dengan sekarang ini, walaupun rumah dilengkapi AC, belum tentu menjamin penghuninya adem dan tenteram di dalam rumah tersebut.

Ada beberapa naskah lainnya yang menunjukkan ciri khas tertentu, baik itu dalam bentuk prosa maupun syair (hikayat), dan tentu butuh ekstra kerja keras untuk dapat mendeskripsikannya. Semua manuskrip tersebut hampir  semua berbahasa Melayu, ada dua tiga berbahasa yang bercampur dengan bahasa Aceh atau Arab. Sebagai catatan penting, ada beberapa naskah sangat penting dan berharga, dan itu telah melengkapi bagian-bagian koleksi saya selama ini.

Incoming search terms:

  • naskah kuno melayu
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Blogplay

3 thoughts on “Lagi, 24 Naskah Kuno “terselamatkan””

  1. iman says:

    Aslm.

    pak mohon maaf mengganggu.

    saya iman dari unpad jurusan sastra arab, maaf pak dari kumpulan naskah yang bapak punya adakah naskah yang seluruhnya bahasa arab?

    1. admin says:

      Terimakasih telah mengunjungi website saya. Benar bahwa saya juga mengoleksi naskah yang sepenuhnya berbahasa arab.

    2. admin says:

      Wa’alaikumsalam, terima kasih Pak Iman yg telah mengunjungi website yg sederhana ini, koleksi Manuskrip saya juga banyak dengan Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam